Friday, October 25, 2019

Pre Teen Parenting

19 Oktober kemarin usia anak mbarep udah 10 tahun. Kalo membandingkan dengan diri sendiri saat usia 10 tahun, rasa-rasanya anak sekarang sudah jauh berbeda, rasa ingin tahu yang sangat tinggi, pengetahuan yang lebih luas, tentu saja karena akses informasi juga lebih mudah.
Mulai deh ngerasain perubahan-perubahan yang kadang bikin takjub kadang bikin pengen meledak. Sebenernya udah mulai dari sekitar setahunan ini, mulai banyak pertanyaan-pertanyaan ajaib yang bikin ibu dag dig dug, takut salah jawab terus menuntun ke jalan yang salah.

Meski proses pre-teen ini belum terlewati, tapi pengen dituangin disini segala resah gelisahnya. Kalau kemarin bahas tentang pendidikan akademik, sekarang pengen bahas hal-hal non akademik, tapi masih berkaitan dengan proses tumbuh kembang anak. Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, kepindahan ke Abu Dhabi ini banyak membawa perubahan dan pengaruh besar, salah satunya adalah lingkungan pergaulan yang jauh lebih beragam dibanding dengan kehidupan di Ajman. Baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.

Keberagaman ini tentu saja berpengaruh terhadap nilai-nilai yang selama ini kami ajarkan ke anak-anak, tidak sedikit perbedaan itu menimbulkan pertanyaan besar. Mulai dari pertanyaan tentang kenapa tato dilarang tapi banyak guru yang punya tato?, kenapa harus punya agama, apa itu gay?, kenapa temannya harus pindah karena ayahnya dipecat? sampai kenapa ibu menikah dengan orang Indonesia juga?
Bayangkan anda menerima pertanyaan itu di saat anda sedang mengemudi?

Kalau sudah menerima pertanyaan begini, biasanya saya akan meluangkan waktu khusus untuk membahas pertanyaan yang menurut saya "berat" dengan anak-anak, terutama yang mbarep. Bersyukur anak-anak mau berbagi pertanyaan-pertanyaan yang mebuat ibunya harus terus belajar.

Belum lagi perubahan sikap dan mood yang seperti roller coaster, yang 2 buan lalu masih cuek pake kaos bolong dikit, sekarang harus masuk tiap toko di mall hanya untuk menemukan jaket yang sesuai keinginan dia.
Yang sebelumnya main ke park cuek-cuek aja pake kaos main dan legging, sekarang bingung harus pake baju apa kalo mau ke park.

It's okay Nak...it's your time to explore more... just grow, we'll always stay by your side :)


No comments:

All About Me

A girl who still in search of her own cup of coffee