Wednesday, March 8, 2017

Sekolah Baru

September 2015, tahun ajaran baru bagi Atta di UAE. Untuk transportasi kami memilih menggunakan bus sekolah, Pelajaran yang diperoleh untuk grade 1 adalah Science, Mathematic, English, Arabic, Islamic, Art, Music, dan Physical Education.
Pengalaman bersekolah dengan teman-teman yang berbeda negara asal sangat menyenangkan buat Atta.

The Bloomington Academy Ajman baru memasuki tahun kedua setelah berdiri, jadi saringan masuk hanya dilakukan berdasar interview dengan calon siswa.
Sebenarnya setelah mengikuti pendidikan dengan kurikulum IB, sistem pendidikan dengan kurikulum British terasa konvensional. Kegiatan belajar lebih banyak dilakukan secara searah. Tetapi, beban belajar tidak seperti pengalaman teman-teman yang anak-anaknya bersekolah di Indonesia.
Di TBAC, exam atau ujian hanya dilakukan setelah grade 3, untuk grade 1 dan grade 2 hanya dilakukan class assesment.

Dengan situasi sekolah yang seperti itu, iklim kompetisi antar siswa sangat tidak terasa, jadi kami bisa fokus pada pemahaman Atta pada pelajarannya. Akan tetapi, tantangan belajar juga jadi kecil, keinginan Atta untuk belajar juga jadi rendah. Disamping itu  kualitas dan biaya yang kami keluarkan tidak sepadan, kami berpikir untuk memindahkan sekolah Atta.
Jadi setiap tahun Atta berganti sekolah, alhamdulillah sejauh ini Atta tidak memiliki masalah adaptasi, belum ada pengaruh secara akademis.

Di sekolah kedua, School of Knowledge Sharjah, terkenal sulit untuk bisa diterima menjadi murid sekolah ini, mungkin karena biaya sekolahnya termasuk rendah, dan lulusannya terkenal pinter-pinter. Ada saringan masuk, tes tulis dan interview, saya rasa ini yang membuat standar belajar jadi lebih baik. Bagaimanapun tentu lebih mudah bagi guru untuk memberikan pelajaran jika kemampuan siswa sudah bisa dikatakan sama.




No comments:

All About Me

A girl who still in search of her own cup of coffee